Skip to main content

Dijual : Rongsokan Jembatan Kukar !



1322676698485455162


rongsokan Golden Gate
Runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara, golden gate-nya Kalimantan Timur yang membelah sungai Mahakam masih menimbulkan banyak tanya.

Apa penyebabnya? Pembangunan jembatan sudah direncanakan matang. Bahkan study banding ke Amerika, Negara yang golden gatenya di-copas-pun sudah dilakukan. Tapi jembatan yang dibangun mulai tahun 1995 hingga 2001 dan diprediksi memiliki kekuatan 40-50 tahun ternyata ambrol pada hari Sabtu 26-11-2011 pukul 17.50 silam.

Aroma korupsipun merebak. Termasuk saling tuding antara pihak kontraktor yang menangani pembangunan dan pihak pemelihara bangunan. Demikian juga pihak Kementerian Pekerjaan Umum yang menyatakan bahwa pemeliharaan jembatan Kukar tidak mengikuti pedoman teknis PU karena bukan milik PU melainkan milik Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Bagaimana mungkin sesudah berumur 10 tahun dan ambrol, jembatan Kukar dinyatakan tidak mengikuti pedoman teknis PU karena pedoman tehnis jembatan bentang panjang belum dilegalisasi?

Bagaimana mungkin persoalan infrastruktur yang harusnya mendukung kesejahteraan masyarakat berbalik menjadi “pembunuh” hanya karena masalah legalisasi?

Ada lagi yang membuat kening mengernyit. Menteri PU, Djoko Kirmanto dalam suatu wawancara di Metro TV menyatakan hasil investigasi ambrolnya jembatan diharapkan bisa diperoleh dalam waktu seminggu (7 hari).

Padahal ada banyak hal yang perlu diselidiki. Apakah perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan pemanfaatan sudah sesuai prosedur standard?

Apakah yang menjadi penyebab ambrolnya jembatan? Apakah berasal dari fondasi? Kegagalan kabel utama? Pemegang kabel utama? Hanger? Atau rangka dek?

Begitu banyaknya yang harus diteliti. Sehingga mustahil bisa diperoleh hasil dalam waktu seminggu. Pakar Kontruksi ITB, Wiratman Wangsadinata malah tidak berani menyebut waktu. Sedangkan Guru Besar Rekayasa Struktur ITB, Bambang Budiono menyebutkan waktu setahun untuk memperoleh data akurat sebelum menarik kesimpulan.

Karena apabila kejadian yang sama terjadi di Amerika, dibutuhkan waktu kurang lebih selama itu. Ditambahkan juga bahwa jembatan Kukar seharusnya masih bisa bertahan selama 75-100 tahun seperti rekannya di California yang sudah berumur sekitar 120 tahun.

Untuk mendukung hasil penelitian, ITB mengirimkan tim yang beranggotakan : ahli uppper structure, ahli lower structure, ahli material, ahli transportasi, ahli air yang berkoordinasi dengan pusat mitigasi bencana ITB.

Sesudah dilakukan penelitian, bagaimana dengan perbaikan jembatan? Memerlukan waktu berapa lama?

“Yeeee……. memangnya jembatan kayu.  Jembatan lama ya jadi rongsokanlah ma. Jembatan rusak berat karena tidak ditutup ketika sedang dipelihara sehingga menimbulkan efek dinamik dan meningkatkan beban berkali-kali dan runtuh secara progresif”.

“Jadi Kabupaten Kalimantan Timur harus membuat jembatan baru ?”

“Iya”

“Para korban harusnya bisa protes dong. Ini kan bukan bencana alam juga bukan kecelakaan lalu-lintas biasa”.

“Harusnya bisa, ma”.

“Nama ITB taruhannya lho. Alumni ITB kan yang membangun jembatan Kukar”.

“Bukan ma, alumni ITB hanya  punya jatah infrastruktur pulau Sumatera dan pulau Jawa. Selain itu ya universitas lain”

“Ha kok gitu ?”

Anak saya pun tersenyum.

“Mama kaya ngga tau aja”.


(wawancara penulis dengan si anak sulung yang sedang mengerjakan Tugas Akhir (TA) Struktur Bangunan Tehnik Sipil ITB sekaligus memulai S2nya/program fast-track  ^_^ )

**Maria Hardayanto**

sumber gambar : disini

Comments

Popular posts from this blog

Sejuta Biopori Untuk Antisipasi Banjir di Bandung

  Banjir di jl Pagarsih Kota Bandung tahun 2012 (sumber FB) Bak ritme tahunan yang enggan diakhiri, seiring derasnya hujan, beberapa kota terlanda banjir : Jakarta, Bandung, hingga kota kecil Jepara. Banyak penyebabnya, mulai hilangnya daerah resapan air di kawasan Puncak (KBU dan Lembang di Bandung), alih fungsi lahan basah, eksploitasi air tanah hingga pasangnya air laut.   Untuk mengatasi banjir, para pakar aktif urun rembug. Mulai cara mudah dan mudah hingga proyek prestisius yang membutuhkan anggaran triliunan rupiah. Walikota Bandung, Ridwan Kamil selaku pemegang otoritas Kota Bandung pernah mengajak warganya membuat gerakan sejuta biopori yang dilaksanakan serempak dari tanggal 20 Desember hingga 25 Desember tahun 2013 silam. Progam mudah dan murah yang bisa dilakukan serentak berbekal alat pelubang biopori seharga kurang lebih Rp 300.000. Biopori? Mengapa memilih biopori? Mengapa bukan sumur resapan? Bagaimana mungkin lubang resapan biopori berdiamete...

Hari Air Sedunia, Peringatan Kelangkaan Air

source : guardian.ng Berapa lama manusia bisa bertahan tanpa minum? Menurut sumber ,  ternyata manusia hanya mampu bertahan 4-7 hari, tergantung situasi. Beberapa faktor mempengaruhi,  misalnya temperatur.  Manusia yang terjebak dalam suhu dingin bisa bertahan lebih lama karena jumlah air yang dikeluarkan lebih sedikit. Sayangnya, kebutuhan akan air yang begitu vital, berbanding terbalik dengan suplai air. Khususnya dari PDAM,  pihak yang mendapat mandat menyediakan air bersih pada warga masyarakat. Saya misalnya, sering harus begadang karena air dari PDAM baru mengalir pukul 22.00 hingga pukul 2.00 dini hari. Padahal saya sudah ngomel panjang pendek melalui salah satu group facebook yang menfasilitasi keluhan warga Bandung.  Feedback hanya sekedar menanyakan nomor langganan, kemudian senyap. #Duh. Situasi ini membuat saya bertanya: “Bagaimana 10 tahun mendatang? Juga bagaimana kabar air dari kota-kota lain? Saya mengetik “warga mengel...

Bauran Energi 25-25, Strategi Indonesia Hadapi Krisis Energi

bauran energi 2025 Aksi protes pro demokrasi  di berbagai negara Arab menyusul mundurnya presiden Tunisia dan Mesir mengakibatkan harga minyak dunia melesat diatas US $104 per barel . Harga yang relative sulit turun mengingat situasi yang makin memanas. Iran berupaya mengirim kapal-kapal angkatan laut ke kawasan Mediterania dan Pemimpin Libya, Muammar Khadafi memerintahkan mengganggu ekspor minyak Libya dengan menghancurkan pipa ke Mediterania Tertanggal 23 Februari 2011, Libya menyatakan force majeur dan efektif membatalkan kontrak minyak. Padahal Libya merupakan pemilik cadangan minyak terbesar di Afrika sebesar 42 miliar barel dan menjadi produsen ke empat terbesar di Afrika dengan produksi 1,8 juta barel per hari. Sedangkan Bahrain, Yaman, Aljazair, Libya dan Iran - mewakili sepuluh persen dari produksi minyak mentah dunia,” Tanpa tragedy dan ketegangan yang meningkat di Timur Tengah dan Afrika Utara, para...